Review: Reset The Skin, Skincare untuk Mengembalikan Kondisi Kulit

11:56:00 AM


Senang sekali deh sekarang brand skincare asal Indonesia sudah semakin banyak dan mengeluarkan skincare yang unik dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan pengguna skincare di Indonesia, salah satunya yaitu brand Reset The Skin. Brand skincare yang baru lahir pada tahun 2021 ini memiliki konsep skincare dengan minimalist ingredients dan fokus pada ingredients utama yang dapat memperbaiki, mengembalikan, dan memperkuat kondisi kulit kita agar healthy and glowing to the max! Selain itu kalau kalian suka khawatir sama skincare yang mengandung alkohol dan pafume, serta suka di tes ke binatang dalam proses formulasi produk, eits, produk dari Reset The Skin sudah alcohol free, fragrance free, paraben freecruelty free dan juga sudah terdaftar di BPOM. 

Kalau di perhatikan  semua produk Reset The Skin saat ini adalah produk skincare lanjutan dari produk skincare dasar yang pasti kalian punya di rumah seperti facial wash, toner, dan pelembap. Produk skincare lanjutan dengan hero ingredients di Reset The Skin mempunyai fungsi yang berbeda-beda tergantung masalah kulit yang kalian punya, cara penggunaannya engga boleh sembarangan karena hero ingredients yang ada merupakan produk dengan presentase agak tinggi, jadi biasanya kalau baru mau mulai pakai acid treatment seperti BHA, atau memakai powerful anti aging seperti retinol. Harus di coba pelan-pelan agar kulit dapat menyesuaikan dengan baik. 

Saat ini Reset The Skin memiliki empat produk yang dapat di beli di e-commerce, yaitu: 

  • 2% BHA Pore-Refining Exfoliant
  • 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum
  • 1% Actosome Retinol Serum
  • 2% Actosome Retinol Skin-restoring Serum

Seperti nama produk yang tertera di atas, dari namanya aja kita udah bisa melihat kalau produk dari Reset The Skin  merupakan produk dengan powerful ingredients yang dapat bekerja secara intens untuk mengatasi permasalahan kulit, namun sebelum aku bahas lebih details mengenai produknya satu persatu, brand ini juga punya tampilan yang sungguh eye catching.

Packaging


Setiap produk mempunyai warna yang berbeda. Jika mereka semua disatukan warnanya sungguh gemas dan berwarna-warni. Awal mula aku tahu brand ini gara-gara teman-teman yang sudah coba duluan banyak banget yang update di igs dan warna-warni kemasannya itu bikin kita terngiang dan notice kalau theme warna untuk skincare brand ini tuh beda! Cerah, simple tapi juga neon, termasuk juga kotaknya. Di kemasan kotak terdapat informasi mengenai produk, cara penggunaan,  dan ingeredients list




Produk-produk serum seperti brightening serum dan retinol serum dikemas dalam botol plastik dengan aplikator pump. Di lubang tempat serumnya keluar terdapat penutup lubang lagi untuk memastikan supaya serumnya tidak mudah keluar atau bocor. Jadi kalau si penutupnya terpasang, kita tidak bisa tekan pump-nya lho. Aku sarankan tetap di pasang penutup lubangnya itu supaya lebih aman. Aplikator pump-nya sekali kita tekan akan mengeluarkan produk yang menurutku bisa banyak banget, bisa sekitar 4-5 tetes serum. Jadi tekan pump-nya di sarankan jangan dengan tenaga super, nanti serum yang keluar bisa terlalu banyak. Kalian pasti engga mau kan kalau skincare-nya cepat habis? 😆



Berbeda dengan kemasan serum, untuk liquid exfoliasi dikemas dalam botol plastik dengan tutup ulir serta terdapat lubang untuk mengeluarkan liquid-nya. Lubangnya ini ukurannya pas, dan engga bikin setiap mau kita pakai atau di tuang ke kapas jadi kebanyakan. Warnanya monochrome yang menjadikan terlihat simple but cool gitu hehe is it only me yang berfikiran seperti itu? 


Well, aku akan bahas dari produk yang menurutku paling mudah untuk dicoba karena aku sudah terbiasa memakai acid treatment dan  produk ini bisa di pakai untuk skincare siang atau malam setelah membersihkan wajah tetapi jika di pakai siang hari harus banget memakai sunscreen setelah itu.

Reset The Skin 2% BHA Pore-refining Exfoliant
  •  2% Bha - Beta Hydroxy Acid (Salicylic Acid) yang berfungsi mengelupas sel kulit mati secara menyeluruh di dalam kulit pori-pori, mencerahkan kulit wajah dan memperbaiki tekstur kulit.
  • Green Tea Extract & Sodium Hyaluronate yang berfungsi untuk meningkatkan hidrasi pada kulit, meningkatkan antioksidan, menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan.
Cara pemakaian: 
dipakai setelah membersihkan wajah. Direkomendasikan untuk dipakai dengan mengguankan kapas untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang lebih efektif. Bisa digunakan untuk pagi dan siang. Jika digunakan di siang hari harus diikuti dengan penggunaan sunscreen. Jika digunakan dimalam hari harus diikuti dengan penggunaan pelembap. 

ukuran 100ml dengan harga sekitar 100-120rb-an
Ingredients:


Tekstur dari liquid exfoliant yang mengandung BHA ini sangat watery dan ringan serta mudah meresap. Walaupun teksturnya ringan namun ketika sudah meresap ke kulit terasa agak melembapkan. Ada sedikit bau samar asam hampir tidak ada baunya sama sekali tapi itu sangat lumrah untuk produk yang mengandung acid ingredient seperti BHA. Kalau dilihat dari komposisinya produk ini keliatan banget minimal bahan.


Dari pengalamanku kurang lebih selama sebulan rutin memakain liquid exfoliant Reset The Skin, sejauh ini tidak terjadi iritasi dikulitku. Kotoran dan sel kulit mati seperti terangakat setiap kali aku memakai produk ini dengan kapas. Selain itu di bekas jerawat juga tidak menimbulkan rasa perih ketika terkena liquid exfoliant-nya. Biasanya aku lebih sering memakai liquid exfoliant di malam hari terus di pagi harinya kulit aku terasa lebih kenyal, halus, dan glowing. Terkadang kalau aku lagi jerawatan aku juga suka kompres dibagian yang jerawatan dengan liquid exfoliant ini selama kurang lebih 10 menit, dengan melakukan hal tersebut jerawatku jadi lebih tidak terlalu merah dan iritasi.

 
Selanjutnya aku mau bahas pengalamanku dengan si brightening serum...

Reset The Skin 2% Alpha Arbutin Brightening Serum
  • 10% Niacinamide sebagai antioksidan, untuk mencerahkan kulit kusam, memudarkan flek hitam, dan meratakan warna kulit.
  • 2% Alpha Arbutin mengurangi dampak dari paparan sinar matahari, melasma, dan post-inflammatory hyperpigmentation (bekas jerawat)
Cara pemakaian: lebih baik digunakan setelah membersihkan wajah dan exfoliasi. Dapat digunakan pada siang dan malam hari.Untuk penggunaan di siang hari, penggunaan sunscreen sangat diharuskan. Jika digunakan pada malam hari, gunakan pelembap setelah itu. 

ukuran 30ml dengan harga sekitar 100-120 ribu

Ingredients:



Brigtening serum ini memiliki tekstur yang runny, berwarna bening dan tidak mempunyai wewangian sama sekali. Ketika di pulaskan ke kulit akan meresap dengan cepat tetapi masih memberikan rasa kelembapan ke kulit. Selama pemakaian brightening serum ini aku tidak merasa efek tidak cocok, bahkan aku merasa beberapa jerawat aku yang mendem di dalam jadi pada keluar. Karena pemakaian baru kurang lebih selama sebulan beberapa bekas jerawat memang terlihat warnanya lebih pudar namun belum hilang secara keseluruhan, tapi kalau di pakai rutin dan lebih lama lagi pasti hasilnya akan lebih maksimal. 


Pemakaian BHA (liquid exfoliant) boleh di gabungkan dengan pemakaian brightening serum sebagai Acne Fighting Combo karena dapat mengontrol minyak berlebih dan dapat meredakan kulit yang sedang infamasi serta mencegah bekas jerawat jadi lebih cepat pudar. Selanjutnya aku akan membahas mengenai retinol serum. 

1% Actosome Retinol serum ini cocok banget dipakai untuk pemula yang baru kenalan sama retinol sebagai powerful anti-aging ingredient karena presentase kandungan retinol yang lebih rendah jadi lebih aman untuk digunakan dan lebih minim iritasi. 

Reset The Skin 1% Actosome Retinol Serum
  • 1% Actosome Retinol dapat mempercepat pergantian sel kulit, mengandung antioksidan untuk melindungi kulit dari polusi, meningkatkan produksi kolagen, mengembalikan elastisitas kulit, mengurangi kerutan, garis halus, mencerahkan kulit kusam, memudarkan bintik-bintik pada kulit, memperbaiki tekstur kulit dan jerawat.
  • Aloe Vera Extract untuk meningkatkan hidrasi kulit, meredakan kemerahan pada kulit, dan mengurangi peradangan.
  • Vitamin E sebagai antioksidan untuk melindungi kulit, melawan polusi, memperkuat skin barrier, menenangkan dan meredakan peradangan.
Cara penggunaan: dipakai di kulit wajah yang sudah dibersihkan. Lebih baik digunakan di malam hari lalu diikuti dengan penggunaan moisturizer. Tidak boleh dibarengi dengan penggunaan acid-based produk. Pemula disarankan untuk melakukan pemakaian retinol seminggu sekali dalam jangka waktu 3-4 minggu, lalu intensitas penggunaan bisa dinaikan jadi 2-3 kali seminggu.

ukuran 30 ml dengan harga sekitar 115-130ribu
Ingredients:


Tekstur dari retinol serum agak cair dan berwarna putih susu namun jika di aplikasikan ke kulit tidak ada white cast dan dapat meresap dengan cepat. Ketika meresap ke kulit, rasanya lembap dan kulit jadi terasa dapat terhidrasi dengan baik. Dari pemakaian pertama kali sampai saat ini secara rutin yaitu seminggu sekali, yang aku rasakan jika aku pakai di malam hari besok paginya ketika bangun pagi kulit terlihat sekali glowing, lembap dan kenyal serta tekstur kulit jadi terasa lebih halus. Pemakain retinol secara rutin memang memjadikan kulitku lebih lembap dan kenyal apa lagi kulitku cenderung kering. Produk ini menurutku  juga cocok untuk pemula yang baru mau mulai pakai retinol dan juga kalau memang masalah kulit kamu adalah kerutan, dan penuaan dini.



Selain 1% Actosome Retinol, Reset The Skin juga mempunyai versi lebih advance untuk retinol dengan 2% Actosome Retinol Skin-restoring serum. varian 2% Actosome Retinol cocok digunakan untuk kulit yang membutuhkan extra booster dengan retinol namun kurang cocok untuk pemula yang baru memakai retinol karena toleransi terhadap retinol butuh dibangun dulu dan dibiasakan. Jika retinol dengan presentase lebih rendah cocok dan di rasa kurang memberikan efek yang maksimal ke kulit, nah berarti kulit kamu bisa tuh naik level untuk pemakaian retiolnya. 

Reset The Skin 2% Actosome Retinol Skin-Restoring Serum

  • 2% Actosome Retinol berfungsi untuk mempercepat pergantian sel kulit, mengandung antioksidan untuk melindungi kulit dari polusi, meningkatkan produksi kolagen, mengembalikan elastisitas kulit, mengurangi kerutan, garis halus, mencerahkan kulit kusam, memudarkan bintik-bintik pada kulit, memperbaiki tekstur kulit dan jerawat.
  • Aloe Vera Extract berfungsi untuk meningkatkan hidrasi kulit, meredakan kemerahan pada kulit, dan mengurangi peradangan.
  • Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit, melawan polusi, memperkuat skin barrier, menenangkan dan meredakan peradangan.
Cara penggunaan: dipakai di kulit wajah yang sudah dibersihkan. Lebih baik digunakan di malam hari lalu diikuti dengan penggunaan moisturizer. Tidak boleh dibarengi dengan penggunaan acid-based produk. Pemula disarankan untuk melakukan pemakaian retinol seminggu sekali dalam jangka waktu 3-4 minggu, lalu intensitas penggunaan bisa dinaikan jadi 2-3 kali seminggu.

ukuran 30ml dengan harga sekitar 120-130 ribu
Ingredients:

Untuk versi 2% Actosome Retinol, kalau aku perhatikan untuk segi ingredients mirip dengan versi yang 1%, untuk tekstur serum juga mirip namun presentase retinolnya lebih tinggi dan tingat kefektifitasnya lebih tinggi namun memang lebih cocok untuk kulit yang sudah terbiasa menggunakan retinol.

Dari pengalamannku mencoba retinol versi 2%, efek yang dirasakan mirip dengan yang 1%. Kalau dipakai di malam hari, besok paginya kulit jadi glowing, kenyal, lembap dan halus. Namun karena pemakaiannya baru sebentar di bandingan yang versi 1%, aku belum merasakan efek yang signifikan. Tapi sejauh ini tidak ada iritasi pada kulit atau menimbulkan rasa gatal atau ruam. 


My thought




Selama kurang lebih sebulan rutin memakai rangkaian skincare dari Reset The Skin, yang paling aku notice perubahannya di kulitku yaitu ada di tekstur kulit dan kelembapan kulit. Kulitku cenderung kering dan kalau sedang dehidrasi jadi gampang kasar, mengelupas, dan jerawatan serta elasitas kulit juga berkurang. Namun kulitku sekarang lebih terasa kenyal, dan lembap. Seperti kadar air dalam kulit jadi meningkat. 

Produk yang paling aku sering pakai adalah 2% BHA pore-rifing exfoliant, produk ini cukup ringan untuk dipakai sehari-hari dan dikulitku sendiri tidak bikin kulit jadi tambah kering serta bisa membantu menenangkan jerawat serta pori-pori terlihat lebih samar. Selain itu juga aku sering pakai 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin brightening serum-nya yang bisa memudarkan bekas jerawat. Dua kombo ini syukurnya cocok dan tidak bikin kulit jadi kering. Sedangkan untuk retinol serum sebagai skin treatment yang di pakai seminngu sekali, walaupun cuma seminggu sekali tetapi memang se-ngefek itu untuk kulit terutama untuk skin cell turnover dan ngeboost produksi kolagen untuk kulit. 

Overall

semua skincarenya cocok di kulitku dan tidak menimbulkan iritasi selain itu packagingnya juga seru banget lucu dan harganya masih terjangkau loh. Semua produknya ga ada yang harganya sampai 200 ribu. Jadi buat kamu yang butuh hero ingredients skincare dengan minimal ingredients dengan minimal iritasi, skincare dari brand ini recommend banget buat di coba 😃

Where to buy?

shopee

more info about the brand

instagram | website

Thanks to JBB for introducing this brand to me!

Thank you for reading!

See you in the next post

XOXO

You Might Also Like

2 komentar

  1. Yg arbutin sepertinya cocok buat aku kalau lihat komposisi produknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. brightening serumnya mantep lah ini, rekomen untuk dicoba

      Delete