Yuk Cegah HFMD dengan Betadine Sabun Cair (Review)

6:37:00 PM


Tidak banyak orang yang tahu mengenai penyakit hand, foot, and mouth disease (HFMD), yang  dalam bahasa Indonesia disebut Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (PTKM) atau yang lebih terkenal dengan nama penyakit flu Singapura. Saya pun baru mengetahui tentang penyakit ini beberapa bulan terakhir semenjak beberapa murid saya mendadak jadi izin sakit selama lebih dari seminggu. Dan hal tersebut membuat saya sempet was-was juga nih sama kesehatan saya sendiri maupun  murid saya yang lainnya karena penyakit ini dapat menular.


Jika kalian belum tahu, HFMD adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang umumnya menyerang bayi dan anak usia dibawah 10 tahun. Gejalanya meliputi suhu tubuh meningkat, sakit tenggorokan, terasa lelah, hilangnya nafsu makan, timbulnya bentol berisi cairan seperti sariawan pada mulut, tangan dan kaki. HFMD dapat menular melalui kontak langsung dengan si penderita, dapat juga melalui barang seperti mainan, handuk, baju, peralatan makanan dan benda benda lain yang terkontaminasi air liur anak yang terinfeksi.... Wah kebanyang dong ya betapa menderitanya anak anak yang kena penyakit ini karena satu mulut seperti sariawan dan jadi susah sekali untuk makan dan menelan. Saya pun ikut sedih dan mendoakan murid saya agar cepat sembuh pada waktu itu. Tidak hanya itu, meskipun penyakit ini lebih rentan menular pada anak anak, tetapi juga bisa lho menyerang orang dewasa karena penyakit yang bersifat virus memang lebih gampang menular.




Pada waktu itu, mengetahui jika diri saya ada dizona merah, karena bisa saja tertular dari anak -anak, maupun dari pihak lain. Saya pun cari cara agar tidak ada korban jiwa lagi setelah murid saya yang sedang tidak masuk itu sudah terkena HFMD. Menurut saya, cara yang paling gampang dan  ampuh tapi sering sekali diabaikan adalah  cuci tangan dengan sabun yang mengandung antibacterial . Cuci tangan pakai sabun yang mengandung antibacterial memang terkesan sepele banget, tapi dari rajin cuci tangan ini ternyata dampaknya sangat besar lho. Karena dari rajin cuci tangan kita bisa mengelimniasi kuman, serta bakteri yang tidak terlihat oleh mata kita ini. Selain itu karena segala aktifitas dilakukan dengan tangan, jika tangan tidak bersih otomatis bakteri pun bisa masuk melalui hidung dan juga mulut.




Salah satu sabun cuci tangan yang cukup mendapat rekemondasi dari mbak apotik langganan dan juga sering saya bawa kemana-mana yaitu Betadine Sabun Cair. Kalo biasanya kalian tahunya Betadine antiseptik  cuma untuk luka kalo jatuh atau Betadine obat kumur untuk sariawan. Ternyata Betadine pun ada juga dalam bentuk sabun cair.




“Betadine sabun cair (skin cleanser)  mengandung  Povidone  Iodine sebanyak  7.5 yang terbukti  efektif melindungi kulit dan mencegah  penyebaran virus yang menyebabkan penyakit.  Povidone-­‐iodine adalah  zat anti mikroba yang secara efektif terbukti dapat membunuh bakteri,virus  dan  jamur.”
Cara pakai: 
Tuangkan Betadine Sabun Cair Antiseptik secukupnya ke telapak tangan. Usapkan dan diamkan selama 15-30 detik, kemudian bilas dengan air bersih.


Sama seperti Betadine yang kalian suka pakai untuk mebersihkan luka, Betadine Sabun Cair juga memiliki warna merah khas nya Betadine, baunya pun sama. Bedanya, ketika dicampur dengan sedikit air, Betadine Sabun cair akan berubah menjadi tidak berwarna dan akan sedikit berbusa.


Betadine Sabun Cair memiliki dua ukuran berbeda, 100ml dan yang kecil 60ml. Saya punya yang 60ml karena praktis buat dibawa -bawa dan juga tidak makan tempat, cocok untuk ditaruh dalam pouch makeup. Selama ini saya pakai Betadine Sabun Cair rutin untuk cuci tangan biasanya sesudah selesai mengajar, saat mau makan, dan ketika baru pulang dari berpergian di luar rumah. So far, saya enggak sakit apapun dan alhamdulillah juga tidak terkena hawa sakitnya anak murid yang terinfeksi  HFMD. Selain dengan cara cuci tangan, saya juga membatasi kontak yang terlalu dekat  dengan anak -anak, memakai masker, dan juga yang paling penting adalah istirahat yang cukup serta tidak lupa asupan gizi yang cukup dan seimbang untuk menjaga daya imun tetap kuat.

Ohiya, pemakaian Betadine Sabun Cair juga sangat disarankan untuk kalian yang lagi travelling khususnya kalau kalian pergi ke negara negara Timur Tengah karena jika kalian pergi ke sana, disana rentan sekali terserang virus seperti MERS atau SARS.


Where to buy?
Drugstore, and www.jd.id


Semoga bermanfaat!

Thank you for reading


You Might Also Like

2 komentar

  1. Sekarang Betadine lengkap nggak cuma obat luka dan obat kumur. Ada sabun antiseptik dan juga sabun kewanitaan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cya, betadine sekarang lengkap. Ga cuma buat luka aja tapi ada juga untuk yang lain :)

      Delete