Share Pangalaman Main ke Jakarta Aquarium

7:40:00 AM

Assalamualaikum
Apa kabar? 
Kalau biasanya saya update blog post tentang beauty, kali ini saya mau share pengalaman saya jalan-jalan ke Jakarta Aquarium yang saya kunjungi hari Sabtu kemarin. Kalau kalian belum tau, Jakarta Aquarium merupakan tempat rekreasi terbaru di Jakarta yang betempat di dalam Neo Soho, dekat Central Park. Lokasi persisnya, Jakarta Aquarium ada di Neo Soho lantai LG. Tempat ini udah lama banget pengen saya kunjungi karena sering liat di updatean IG story temen-temen saya kalo mereka kesini, kayanya tempat ini cantik banget.

tempat pembelian tiket Jakarta Aquarium
Jakarta Aquarium buka dari jam 10.00 - 20.00. Harga tiket masuknya terbilang agak mahal, harga tiket Weekend : regular Rp.175.000 dan premium Rp.225.000 . Bedanya regular sama premium adalah jika premium kita bisa menikamati fasilitas 5D show, dan bisa keluar masuk selama 4 jam setelah pembelian tiket. Jadi kalo misalnya mau jalan-jalan dulu di Neo Soho sambil makan cheese tart di Pablo dan minum di King Manggo terus masuk lagi ke Jakarta Aquarium bisa pake tiket premium.

tiket masuk reguler Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium  terdiri dari dua lantai. Lantai pertama adalah dimana kita masuk melalui loket dan langsung disuguhi dengan ikan-ikan di dalam aquarium. Di lantai tersebut juga tidak hanya ada spesies  ikan air tawar dan ikan air laut tetapi juga ada beberapa hewan darat seperti ular, laba-laba, bunglon, kodok hutan, dll

interior langit langit di Jakarta Aquarium

Hewan hewan disini dan juga ikan di aquarium tidak boleh disentuh ya, di setiap kaca akuarium dan di kandang hewannya ada tulisan peringatan seperti "don't touch". Kalau kalian mau pegang binatang lautnya, disediakan juga zona  khusus dimana kita bisa pegang langsung. Disana kalau kita mau pegang binatang lautnya, kita harus cuci tangan dulu. Jadi kebersihannya dijaga biar hewannya tetap sehat.


Di setiap aquarium/ kandang hewan, disampingnya terdapat pad informatif yang berisi mengenai info mengenai hewan tersebut yang tersedia dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

pad informatif
Di lantai bawah, lantai ke dua.  Kita mesti turuh ke bawah pakai tangga, tetapi disediakan juga lift untuk disabilitas atau keluarga yang bawa bayi pakai stroller. Di lantai ini koleksi ikan air tawar dan air laut jauh lebih lengkap dibandingkan di lantai yang sebelumnya yang dimana koleksinya bercampur dengan hewan darat dan hewan yang hidup di dua alam. 


Bisa dibilang main attraction dari Jakarta Aquarium tuh adalah aquarium yang ini. Aquarium dengan tabung silinder ini tepatnya persis setelah tangga dan ada di tengah- tengah. Ini bagus banget menurutku, cahaya birunya dan segerombolan ikan kecil-kecil di aquarium yang kalo berenang arusnya kaya silinder ini bisa bikin halu! 

Salah satu spot yang ga boleh dilewatin banget dan wajib banget foto disini....oh iya, dan di sekitar aquarium yang ini juga disediakan tempat duduk panjang gitu, bener-bener bikin betah lama-lama liatin ikan berenang.


Kebanyakan spesies ikan di sini di tempatkan terpisah di dalam aquarium yang tidak terlalu besar.  Ada juga sebenernya aquarium yang besar dengan berbagai macam spesies ikan laut seperti ikan hiu, ikan pari, tuna, clownfish, dll.... tapi main aquarium di tempat ini tidak sebesar aqurium yang ada di Seaworld. dan sekat tembok aquariumnya gede banget, jadi bagian kacanya lebih sedikit... Yaa jadi wajar aja sih namanya aquarium. 

main aquarium di Jakarta Aquarium dengan berbagai macam spesies ikan
Oh iya, pencahayaan dari aquarium disini kebanyakan biru atau ungu, hijau hanya untuk ubur-ubur yang warnanya transparan. Untuk lorong-lorong di antara ruang aquarium pun agak gelap, jadi bener-bener sumber pencahyaan dari dalam aquarium. Bahkan banyak banget deh kemaren saya liat keluarga yang foto-foto terus flash kamera handphone nya dinyalain karena emang agak gelap hehe. Padahal kalo foto di tempat kaya gini ya ga bisa fokus di muka, bisanya fokus di aquariumnya loh


Gerombolan ikan ini lucu banget parah,  saya lupa nama ikannya apa. Mereka mengahadap ke arah yang sama dan cuma diem aja selama beberapa menit, ga bereng kesana kemari kaya ikan kebanyakan.


Section yang ga boleh banget dilewatkan kalo kesini juga yaitu Jellifish room. Di ruangan ini isinya beberapa macam spesies ubur-ubur. Bener-bener cantik dan unik, ruangan ini pun juga sukses bikin saya halu karena pengen lama-lama liat ubur-ubur berenang. 

maaf ya anaknya suka halu 
haha


Jadi karena tempat ini terbagi jadi dua lantai berbeda dengan berbagai macam room/ ruangan yang sesuai dengan pengelompokkan spesies hewan, direktori tempat ini jujur saja agak membingungkan. Beberapa kali saya mondar-mandir mengelilingi tempat itu dan berkahir di tempat yang sama. Di brosur yang diberikan oleh petugas saat mau masuk hanya ada keterangan fasilitas yang mereka sediakan saja, tidak ada direktori atau peta ruang yang bisa kita liat agar tidak nyasar.

Menurut saya pribadi, fasilitas ditempat ini lumayan lengkap. Seperti restroom, ruang bermain anak, cafetaria kecil, dan ada juga rung untuk ibu menyusui. 

Disini juga ga ada sinyal genks, kalo pun ada jelek banget deh. Tapi untungnya ada fasilitas wifi  yang bebas kita pake, walaupun kalo kita mau pake wifi, kita mesti cari petugasnya dan tanya passwordnya. Soalnya wifinya di gembok -_-

Satu lagi, selain kebanyakan ikan ditempatkan dalam aquarium masing-masing. Cem koleksi pribadi, disini juga kebanyakan digital video, bukan ikan asli. 

jadi.....kalo kalian mau kesini, sebenernya harus mikir lagi sih dengan harga yang segitu...hmmm agak mengecewakan tapi, kalo buat refreshing tempat ini oke juga. Saya juga saranin mendingan kalian datang pas weekday aja, ga begitu rame serame pas weekend.


Semoga bermanfaat

See you on my next post

XOXO

You Might Also Like

0 komentar