Kenapa Harus Konsumsi Greek Yogurt?

8:06:00 AM


Mempunyai sistem pencernaan yang buruk, selalu membuat saya harus rajin makan sayur dan buah. Kalau tidak ya pasti akan susah buang air besar. Namun karena kadang sibuk dan banyak aktifitas. Makan sayur dan buahnya suka skip yang akhirnya bikin perut jadi ga enak deh. Menyadari hal ini, semenjak 2 tahun lalu saya jadi sering banget konsumsi yogurt dengan tujuan biar bab-nya lancar dan bener-bener keterusan dong  sampai sekarang. Karena udah keterusan sampai sekarang, jadwal minum yogurt  saya tiap minggu minimal 2x , karena emang suka bener sama yogurt hehe dan waktu itu pernah dua bulan cobain diet keto dan sedih banget harus berenti minum yogurt selama itu. Bener-bener sedih deh pokoknya!

"Emangnya keseringan konsumsi yogurt engga takut kenapa-napa tuh perutnya?" pertanyaan ini sering banget ditanyain sama orang-orang disekitar yang suka kepo.

Awalnya memang saya takut kalo kosumsi yogurt terlalu banyak, atau konsumsi yogurt buat sarapan akan bikin perut saya yang ada maag jadi kenapa-napa. Tapi pas dicoba sendiri engga kenapa-napa juga sih. Parno duluan sebelum coba jadinya takut deh. Lagi pula saya juga pernah konsultasi dengan dokter ahli gizi dan tanya apakah penderita maag boleh konsumsi yogurt buat sarapan. dan jawaban beliau sih boleh walaupun lebih baik di dahulukan dengan asupan padat terlebih dahulu, jadi ga langsung konsumsi si yogurt itu. 


Tapi dari hobby saya konsumsi yogurt karena rasanya yang enak, asam-asam segar. Ternyata saya baru tau kalo engga semua  produk yogurt itu sama! Ada produk yogurt yang kandungan gulanya banyak makanya jadi tidak terlalu asam. Ada juga yang tidak pakai skim milk jadi si yogurt jadi banyak lemaknya. dan ada juga ternyata jenis greek yogurt yang texturenya lebih kental dan tentu saja kandungannya juga sedikit lebih berbeda dengan yogurt minum biasa. 

Salah satu greek yogurt favorite saya yaitu Heavenly Blush Greek Yogurt yang memiliki texture creamy dan kental. Selain itu kalorinya dalam satu kemasan hanya 180kalori karena lebih rendah gula dan walaupun begitu rasanya tidak terlalu asam. Pas banget buat sarapan atau untuk snack time. Pas juga buat yang lagi diet.

Lalu apa bedanya greek yogurt dengan yogurt biasa?
Bedanya greek yogurt dengan yogurt biasa adalah saat diproduksi, greek yogurt melewati tiga kali sistem penyaringan sehingga yogurt lebih kental dengan kandungan air yang sedikit dan juga greek yogurt lebih tinggi protein dengan kandungan karbohidrat dan gula yang lebih rendah. Sehingga kalo ditelisik lebih jauh, greek yogurt itu lebih sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Lalu apa aja sih manfaat dari mengkonsumsi greek yogurt?

Yuk simak 5 alasan kenapa harus konsumsi greek yogurt berikut ini....


5 Alasan Kenapa Harus Konsumsi Greek Yogurt

Heavenly Blush Greek Yogurt

1. Memperlancar Sistem Pencernaan
Yogurt mengandung  bakteri yang baik untuk usus yaitu Streptococcus Thermopilus dan Lactobacilus Bulgaricus. Kedua bakteri ini dapat memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, bakteri ini juga dapat mencegah kangker usus. Setelah saya rutin konsumi yogurt, beneran terasa deh sistem pencernaan jauh lebih baik. Engga ngendap di perut mulu yang bikin keliatan lebih buncit.


2. Memiliki Protein Lebih Tinggi
Dibanding yogurt biasa, greek yogurt memiliki kandungan protein lebih banyak dengan 8 ons greek yogurt mengandung sekitar 20gram protein. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meregenerasi sel dalam tubuh, pembentukan masa otot dan tulang yang kuat. Jadi sumber protein kita ga cuma dari ikan, ayam, telur dan daging saja. Yogurt juga bisa!

Greek Yogurt Smoothies Bowl

3. Asupan Sehat Saat Diet
Greek yogurt merupakan salah satu asupan sehat saat sedang diet karena kadar gulanya lebih rendah. Tidak hanya itu saja, karena texture greek yogurt yang lebih kental dan tinggi protein, sehingga proses cerna dalam tubuh akan lebih lama, sehingga engga bikin kita cepat lapar. Greek yogurt saat kita sedang diet dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Bisa di makan secara langsung, di jadikan salad dressing, campuran oatmeal, atau sebagai smoothies bowl dengan campuran buah favorit. 


4. Membantu Mengatasi Depresi/ Stress
Ternyata rutin mengkonsumi yogurt dapat mengatasi depresi atau stress loh. Hal ini karena mikroba yang hidup di usus kita dapat mempengaruhi mood dan kecemasan yang berdampak pada stress dan depresi. Karena greek yogurt juga mengandung probiotik dan potassium yang dapat menjaga konduktivitas listrik pada transmisi otak dan syaraf, jadi konsumsi yogurt ini juga ngaruh sama mood kita.





5. Pencegah Demensia
Ternyata usus dan otak punya hubungan yang harus diseriusin nih! Selain urusan usus dan otak ngaruh sama mood, ternyata ngaruh juga sama daya ingat. Greek yogurt juga memiliki kandungan vitamin  B12 yang dapat melindungi banyak sel otak. Sel otak yang banyak rusak dapat mengakibatkan dementia atau penyakit lupa pada orang tua karena memorinya banyak yang hilang. Selain dapat mencegah dementia, rajin mengkonsumi greek yogurt dan makanan fermentasi juga dapat mengurangi resiko terkena gangguan penyakit neurodegenerative, seperti Alzaimer. 


Nah gimana, apakah kalian akan mempertimbangan untuk rajin mengkonsumsi greek yogurt mulai dari sekarang secara rutin?

Semoga tulisan ini bermanfaat!

See you on the next post

XOXO


referensi :
grid. id
liputan6.com

You Might Also Like

2 komentar