SKINCARE #6: SOS SKINCARE PRODUCTS

9:14:00 PM



Hello.....apa kabar?
Pernakah kalian mengalami perubahan kondisi kulit yang secara tiba-tiba? Misalnya tiba-tiba saja muncul jerawat, wajah jadi lebih gelap dan terlihat kusam, atau tiba-tiba saja kulit wajah jadi gatal dan merah karena kering. Well, aku sering sekali mengalami perubahan kondisi kulit yang seperti itu, disaat kulit wajah lagi rewel, biasanya penggunaan skincare product yang biasa aku pakai jadi tidak terlalu mempan atau malah dapat memperburuk keadaan kulit yang lagi rewel tadi.  

Untuk meminimalisir dampak iritasi jika keadaan kulit lagi rewel, biasanya aku menggunakan skincare yang agak berbeda. Bisanya aku memilih memakai skincare yang lebih gentle untuk kulit dan juga aku prefer yang di khususkan untuk kulit sensitif, dan kali ini aku akan membahas skincare product apa saja yang wajib aku punya dan sering sering aku gunakan ketika kulit lagi iritasi....


Disclaimer: I'm not an expert. Produk yang akan dibahas di post ini adalah produk skincare yang sudah author pernah pakai dan sesuai dengan pengalaman author. Hasil pemakaian suatu produk bisa berbeda beda pada setiap orang.



baca juga : SKINCARE #5: UNDER BUDGET SKINCARE

F A C E  M I S T


Item wajib pertama yang harus aku punya adalah face mist. Karena wajahku cenderung kering, ketika lagi rewel pun biasanya akan tambah kering. Kalo dulu aku pikir face mist hanyalah air biasa yang disemprotkan ke wajah dan engga akan kasih efek apa apa, ternyata penggunaan facial mist secara rutin bikin kulit wajahku jadi less itchy kalo lagi super duper kering banget. Biasanya face mist sering aku pakai sesudah membersihkan wajah dengan sabun, atau ketika lagi di ruangan ac dan kulit terasa kering, langsung semprot aja kewajah udah deh kalem lagi. Face mist juga pas dipakai saat cuaca lagi panas panasnya, bikin wajah jadi seger dan adem tanpa harus cuci muka.  Ohiya, face mist yang sedang aku pakai saat ini adalah Miracle bio water dari Bio Essence, atau aku juga suka pakai facial mist dari Avene


A C N E   P A T C H


Item kedua yang wajib aku punya adalah acne patch. Kadang kalo muka lagi rewel, tiba tiba aja suka muncul jerawat gede, sungguh annoying dan jerawat yang gede gitu biasanya kempesnya lama. Tapi semenjak kenal Acne Pimple Master Patch dari Cosrx, jerawat yang berupa bump gede, walaupun engga ada matanya, yang tadinya merah dan sakit kalo dipegang, abis pake pimple acne patch ini semalaman, besoknya jerawatku akan akan lebih kempes dan bikin jerawatnya tidak tambah besar. Penggunaan acne patch menurutku adalah cara cepat yang ampuh untuk healing pimple yang lagi meradang karena acne patch bekerja sebagai protektor dan juga anti anti bacterial, dan juga ada kandungan khususnya, jadi bikin jerawat yang sedang meradang jadi lebih kalem dan jadi lebih cepat kering. 


F A C I A L   W A S H


Tidak banyak orang menyadari bahwa sabun cuci wajah pada saat kulit lagi iritasi sangat sekali berpengaruh. Sabun yang biasa kita pakai, terkadang kita tidak mengetahui kadar p.H nya (kadar asam)  . Kulit yang normal biasanya memiliki kadar p.H sekitar 4,2 samapai 5,6. Sabun wajah yang kadar p.H nya lebih tinggi dari p.H kulit normal, bisa dibilang memiliki sifat asam. Jika p.H pada sabun tinggi dan bersifat asam, maka akan menyebabkan kulit menjadi lebih iritasi. Kandungan p.H dalam sabun wajah yang dianjurkan adalah 5,5 karena bisa dibilang kadar p.H nya cukup balance. Salah satu produk yang aku suka banget pakai dan memiliki kriteria p.H 5,5 adalah Sebamed Anti-Dry Derma -Soft Wash Emulsion. Sabun ini bisa dipakai di pada tubuh dan wajah, busanya tidak terlalu banyak dan sangat lembut,  dan juga membuat wajah tidak kering serta halus. sayangnya harganya mahal untuk ukuran full size, sekitar 250ribuan dan aku pun hanya punya yang versi travel size tetapi sebagai alternatif yang lebih murah, juga bisa pakai Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash.


S H E E T   M A S K

Sheet mask itu bagaikan meminum segelas air dingin saat berada gurun pasir. Lebay deh pepatahnya El....but that's what I feel. Sheet mask bagiku punya instant skincare effect seperti hydrating, shooting, bikin kulit plumpy, and glowing skin dalam sekejap. Apalagi pas kulit lagi gersang gersangnya tuh, pake sheet mask pas malem sebelum tidur, pas pagi muka udah glowing lagi. Sheet mask juga bisa dipakai sebelum pakai makeup, supaya kulit bisa di prep untuk hasil makeup yang lebih baik. Selain itu sheet mask juga enak buat dibawa bawa, jadi bisa cantik kapan aja kak kalo ada sheet mask.


A L O E  V E R A   S H O O T H I N G  G E L

Aku engga pernah nyangka bahwa aloe vera gel bakal jadi penyelamat hidupuku di masa masa yang suram. Apa deh... sebenernya dulu aku underestimate banget produk aloe vera yang multi fungsi ini. Dulu aku cuma berani pakai di badan dan rambut dan ga berani pakai di wajah karna ada kandungan alkoholnya, tapi takdir berkata lain. 

Bulan Oktober tahun lalu sampai bulan Desember, mukaku beruntusan parah karena kulitnya kering dan selama 3 bulan engga sembuh-sembuh. Akhirnya aku memutuskan pakai aloe vera gel diwajah dengan cara yang disarankan oleh youtuber GDiipa karena concern kulitnya sama. GDiipa nyaranin pakai Aloe vera gel sebagai overnight mask setiap malam dengan cara menempelkan aloe vera nya dengan kapas. Aku ikutin deh tuh, rutin tiap malem selama 5 hari muka di tempel- tempel kapas pas bobo, dan hasilnya guys.... beruntusanku pada kering, dan jerawat kecil kecil di dalamnya pada keluar ke permukaan kulit, wajahku lembap lagi , mulus lagi dan....beruntusannya sembuh :') dan setiap bruntusan itu datang, aku akan terapin cara yang sama, pakai aloe vera mask sebagai overnight mask setiap malam selama 3-5 hari. ohiya Aloe gel yang aku rasa paling ampuh adalah Nature Republic Aloe Shooting Gel, karena aku udah pernah coba dari brand lain dan hasilnya engga se-amazing si Nature rapublic ini. 



The last item adalah moisturizer yang diperuntukan untuk kulit wajah sensitif dan kering. Pas wajah lagi kering dan gatel, moisturizer biasa engga pernah akan nendang di pake dikulit wajahku karena daya melembapkannya yang kurang. Cuma si Cetaphil Moisturizer Cream yang punya texture cream super thick dan bisa melembapkan kulit yang super dry, produk ini emang lebih cocok di pake saat winter sih, ya tapi kulitku , tinggal di Indo engga winter aja udah kering #syedih. 


Yap

that's all untuk SOS skincare product versi aku...
jadi skincare products yang aku sebutkan diatas tadi itu adalah skincare skincare yang aku akan pake kalau kulit lagi rewel, jerawatan atau kering.

 kalo ada saran atau rekomendasi atau ingin share mengenai sos skincare product versi kalian, bisa tinggalkan comment dibawah

thank you for reading

see you on the next post :)

XOXO

You Might Also Like

6 komentar

  1. ANDDDD I'M HATE THAT ALOE VERA GEL SO DAMN MUCH BUT ITS WORKS UGGHHHH... Dah aku pake itu sembuh jerawat kecil tp muka jadi buluan sebeleeeelllllll

    dan aku lagi coba cetaphil nih, karena lagi sensi, semoga baik(?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru tau kalo si aloe itu bisa bikin buluaan...

      Semoga cepet sembuh ya mukanya :D

      Delete
  2. Kayaknya aku harus cobain acne patch-nya juga nih :/ Dulu pernah pakai acne patch lain tapi kayak gak ngaruh gitu. Tapi kalo cosrx keliatannya lebih menjanjikan hahaha.

    www.magellanictivity.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun awalnya gak nyangka kalo ini lbh bekerja dari pada acne patch brand lain, soalnya jerawat yg msh didalem aja blm ada matanya gitu merahnya bisa berkurang

      Delete
  3. Si Aloe dari Nature Republic udah kayak belahan jiwa aku gak pernah terpisahkan! :D Pengin coba Acne Patch-nya Cosrx sejak lihat itu di youtuber Korea kesukaanku si Joankeem ~

    fridaadp.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa. Ternyata si aloe ini bagus bangeet. Ayo coba acne patch nya cosrx bagus lhoo

      Delete