Review: Pure Tamanu oil by Falabelle

1:46:00 AM



Ada yang masih asing sama tamanu oil? Wah oil apa lagi ini?

Pasti banyak dari kalian yang tidak familiar sama keluarga per-minyak-an ini ya karena jujur aja jenisnya banyak. Awalnya pun aku hanya familiar dengan coconut oil, olive oil, grape seed oil, argan dan avocado oil karena memiliki manfaat yang bagus untuk kulit. Namun seiring berjalannya waktu dan banyak belajar dari beauty guru terutama skincare, aku pun jadi tau ada banyak jenis oil lain yang lebih aman di pakai di kulit wajah seperti Tea tree oil, Rose ship seed oil, Marula Oil, dan Tamanu Oil. Aku engga bilang kalau coconut oil, olive oil, etc engga aman buat kulit namun karena lebih rentan bikin clogged pores dan comedogenic, lebih disarankan untuk dipakai untuk kulit tubuh, bukan kulit wajah. cmiiw.

Semua perminyakan yang aku sebutkan tadi tentu saja berasal dari tumbuhan, namun setiap oil yang dihasilkan oleh masing-masing tumbuhan memiliki consistency dan manfaat yang berbeda termasuk juga si Tamanu oil yang akan aku bahas di post kali ini. 

Awalnya aku tahu tamanu oil ini dari Liah Yoo, beauty youtuber dan founder salah satu skincare brand. Dia bilang kalau minyak ini bagus banget buat bekas luka ditubuh, bahkan untuk bekas jerawat karena memeberikan efek healing ke kulit. Semenjak itu aku sering cari informasi tentang tamanu oil, yang waktu itu karena belom booming di Indonesia dan susah nyarinya. Sampai pada akhirnya awal tahun 2020 aku liat ada yang jual dong dan harganya terjangkau. Lansung aja coba.

Product's Description


harga : Rp.99.000
ukuran: 30ml

Tamanu merupakan minyak yang dihasilkan oleh dari biji tanaman Calophyllum inophyllum yang diolah secara alami. Dengan kandungan alkaloid yang tidak biasa, Tamanu oil dapat memberikan efek protektif pada kulit yang mengalami sunburn, kemerahan, bengkak, dan gigitan serangga. Pure Tamanu oil akan membantu memeberikan kehalusan dan kelembutan pada kulit serta menyamarkan noda bekas jerawat.
Benefits: 
  • membantu meremajakan kulit
  • merawat struktur kulit
  • merawat kulit yang berjerawat
Cara pakai: 
di aplikasikan pada bagian kulit yang berjerawat/ spot bekas jerawat  
atau dipakai sebanyak 4-6 tetes lalu usapkan keseluruh kulit sebagai moisturizer. 

 

 Packaging

Dikemas dengan box berwarna hijau agak kebiruan dan juga warna cream, design produk tidak terlihat murah tetapi terlihat minimalis dan cantik. Tamanu oil dikemas dalam botol kaca berwarana coklat gelap dengan aplikator pipet. Sejujurnya dari pengalamanku dengan produk wajah seperti facial oil, kemasan yang paling sering digunakan adalah botol kaca gelap dengan pipet. Maksud dari pemakaian botol kaca gelap adalah agar produknya tidak mudah oksidasi atau merubah texture produk karena cuaca dan cara penyimpanan. Namun pemakian aplikator pipet ini bikin kita harus buka tutup kemasan, dan dari pengalaman  aku, selalu minyaknya mudah rembes keman-mana dan bikin botol dan kemasannya jadi ikut berminyak juga. 


Texture

Tamanu oil memiliki texture oil yang lebih thick/ padat. Warna dari tamanu oil sendiri agak kuning gelap, jadi harus hati-hati jangan sampai terkena baju atau bahan kain lain karena akan membuat noda. Memiliki bau yang lumayan kuat, untuk baunya sendiri aku kurang bisa deskripsikan ya. Mungkin seperti bau oli atau bau minyak lama, agak khas gitu. Baunya memang natural seperti itu ya dari sananya. Yang jelas, untuk aku yang agak sensi sama bau. Minyak tamanu baunya agak menggangu, dan baunya hilang agak lama sekitar 10 menitan setelah oilnya dipakai dikulit. 


My Thought

Aku udah pakai produk ini kurang lebih lima bulan. Udah cobain pakai dengan tiga cara, yaitu sebagai facial oil, dipakai ke seluruh wajah, di pakai ditotol aja di jerwat atau bekasnya, dan kadang juga suka dipakai dengan campuran moisturizer. Dari ketiga cara pakai, paling aman menurutku dengan cara ditotol di bekas jerawat saja karena bikin baunya kurang menyengat dan kita jadi bisa liat progress ke kulit. Kalau di pakai sebagai facial oil terkadang rasanya terlalu rich dan berminyak, kalau aku rasanya kulitku malah jadi clogged pores alias jadi kaya nyumbat pori dan bikin white head kalo aku pakai sebagai moisturizer. 

Dari pengelaman memakai tamanu oil bisa dibilang memang minyak ini bisa healing kulit kita. Kalau wajah lagi merah-merah, tamanu oil bikin lebih kalem dan besoknya tidak terlalu merah lagi. Untuk kulit wajah sekitar dua bulanan kalau rutin pakai terus, noda jerawat bisa memudar. Aku juga suka pakai di bekas luka tubuh atau bekas gigitan serangga dan bikin kulit aku lebih cepet sembuh lukanya dan tidak berbekas cuma sayangnya banget aku suka ga kuat sama baunya aja


Overall

Aku mau rekomndasiin Pure Tamanu oil by Falabelle buat kalian yang suka pakai produk alami, natural buat skincare kalian. Namun karena ga semua orang cocok memakai oil based produk karena rentan untuk clogged pores dan jadi komedo jadi perhatikan baik-baik perkembangan kulit kalian saat memakai produk ya. 

where to buy?
skinhouseid
instagram | website


RATING

3/5

☁☁☁

If you have tried this product, or not please leave a comment below. Lemme know what do you think about this product
See you on the next post

XOXO


note: the product was given to me for review purposes, however all my opinion is honest and based on my own experience with the product.

You Might Also Like

0 komentar